JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Mamuju,20/12/2017- Panen dilaksanakan di lokasi Poktan Mesa Ate Desa Kalukku Barat Kec.Kalukku , seluas 5 ha yang ditanami varietas ciliwung dengan produktivitas 6-7 ton/ha . Padi yang dipanen padi dihadiri oleh Ka.BPTP Balitbangtan Sulbar, Koordinator penyuluh, KCD Kec.Kalukku, PPl dan Kelompok Tani.

Petani menggunakan mesin combine harvester bantuan kementerian pertanian untuk panen padi, menurut Pak Hamsah sebagai ketua kelompok tani, dengan adanya mesin combine harvester sangat membantu petani dalam proses panen karena dapat menghemat waktu dan tenaga kerja serta biaya yang dikeluarkan saat panen, selain itu menurut Pak Hamsah dengan kondisi musim hujan yang dihadapi saat ini tidak menghambat proses panen.

Pak Subhan sebagai koordinator penyuluh di Kec.Kalukku mengatakan saat ini petani antri menggunakan mesin combine harvester untuk panen padi karena keterbatasan unit yang tersedia. Setiap hari mesin combine harvester bisa berpindah 2-4 lokasi panen padi.

Petani lebih memilih menggunakan mesin combine daripada tenaga kerja manusia karena mesin combine harvester lebih ekonomis dan mampu menekan biaya panen sampai 50%. (nunu)