JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Mamuju- Pada tanggal 6 Februari 2018 di Aula BPTP Balitbangtan Sulawesi Barat telah melaksanakan Seminar Proposal KegiatanT.A. 2018.  Pelaksanaan kegiataan dihadiri oleh Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Barat (Bapak Rusli SP, M.Si), Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Barat (Bapak Ir. H. Masdin), Kepala Badan Pengembangan dan Penelitian Daerah Provinsi Sulawesi Barat (Bapak Dr. H. Muh Jamil Barambangi, M.Pd) sekaligus sebagai ketua Komisi Daerah (KOMDA) Provinsi Sulawesi Barat, Ketua LP2M Unsulbar (Bapak Dr. Ir. Abdul Kadir Paloloang, MP), serta Kepala BPSBTPH Provinsi Sulawesi Barat (Bapak Ir. H. Amiruddin, M.Si).   

Dalam pelaksanaan seminar proposal yang menjadi ajang silaturahmi antara stakeholder yang terkait, sekaligus menjadi sarana umpan balik antara BPTP Balitbangtan Sulbar dengan PEMDA setempat terkait dengan segala kondisi dan permasalahan yang ada di lingkup pelaku usaha tani (tanaman pangan, perkebunan dan hortikultura).  Permasalahan pelaku usaha tani tanaman pangan, sebagian besar tertumpu pada ketersediaan benih / stok yang terbatas.  Bahkan ketersediaan benih yang tidak tepat waktu di tingkat petani telah menjadi masalah klasik.   Begitupun dengan jenis varietas yang beredar dilingkup pelaku usahatani tanaman pangan, terkadang tidak sesuai dengan keinginan petani.  Oleh karena itu menjadi tantangan bagi pihak peneliti dan penyuluh untuk terus menderaskan informasi terkait dengan jenis jenis varietas yang telah dikembangkan oleh balit-balit terkait.  Tentang potensi dan karasteristik dari varietas varietas tersebut.

Selain itu singkronisasi dan pendampingan berbagai kegiatan, diharapkan BPTP Balitbangtan Sulbar terus memperluas jangkauan ke daerah-daerah yang membutuhkan sentuhan teknologi, melalui pelibatan dan pembinaan penyuluh-penyuluh pertanian di setiap kabupaten dan desa, agar apa yang tersampaikan dan tujuan yang akan dicapai dapat selaras.

Kehadiran Ketua LP2M UNSULBAR sebagai praktisi dibidang pendidikan, cukup mendukung dalam pengembangan kajian-kajian yang nantinya dapat dikembangkan dalam dunia pendidikan.  Serta keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan pengkajian yang dilakukan sebagai mahasiswa magang diharapkan dapat memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, dimana nantinya dapat menjadi salah satu penyampaian informasi kepada masyarakat atau bahkan nantinya dapat menjadi pelaku dalam kegiatan tersebut.(acha/yen)