JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Polewali, 24/04/2018- Kegiatan sinkronisasi hasil litkaji dan penyusunan programa pusat dan daerah yang dilakukan di P4S Ambona Yanda di desa Paku, Kec.Binuang Kab.Polman. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala BPP se kabupaten Polman dan Majene, Kabid Penyuluhan dan Pengembangan SDM yang mewakili Kepala Dinas dan para petani. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala BPTP Balitbangtan Sulbar, Dr. Ir. Nurdiah Husnah, M.Si.

Dalam sambutan dan arahannya, Kepala BPTP Balitbangtan Sulbar menyampaikan bahwa  Badan Litbang Pertanian telah menghasilkan sekitar 600 inovasi teknologi, namun yang sampai kepada pengguna kurang dari 20%. BPTP Balitbangtan Sulbar telah melakukan, menghasilkan dan mendiseminasikan sejumlah hasil litkaji dan diharapkan ada feedback dari pengguna, para penyuluh petugas lapang dan petani untuk bahan koreksi.

Acara tanam perdana pada kegiatan Kaji Terap seluas 6 ha dilanjutkan dengan Tanam Perdana Padi Gogo di lahan kering yg dilakukan oleh Kadistan Kab. Polman, Kadistan Kab. Majene yang masing2 diwakili oleh Kabid, Kepala BPTP Sulbar dan Ketua P4S Ambona Yanda Polman.

Sebelum tanam perdana dilakukan didahului penjelasan singkat dari salah satu peneliti BPTP Balitbangtan Sulbar terkait sistem largo (larikan gogo) dan keunggulan dari salah satu VUB Inpago 12 yg digunakan diantaranya potensinya sangat tinggi sekitar 10 t/ha, adaptasi luas sampai ketinggian 700 m dpl dan toleran Al. Keunggulan lainnya adalah umurnya 111 hari dan tekstur tergolong pulen.

Digunakan sistem larikan gogo dengan jarak tanam (25 x 12,5 cm) x 50 cm dengan jumlah benih per lubang 3-5 biji. Setelah acara tanam perdana padi gogo pada kegiatan Kaji Terap dilanjutkan dengan pemaparan sinkronisasi program kegiatan BPTP yg disampaikan oleh penyuluh Religius Heryanto dan Inovasi Teknologi Budidaya Padi Gogo oleh peneliti M. P. Sirappa. Adapun Sesi terakhir diskusi untuk mendapatkan beberapa masukan penting diantaranya hasil kegiatan yang dilakukan perlu ditindaklanjuti di lokasi lain dan pembinaan kelompok penangkar benih padi lokal di Majene.(Then/yen)