JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Mamuju - BPTP Balitbangtan Sulbar menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian Daerah dan Diseminasi Inovasi Pertanian di Aula BPP Kec. Sampaga Desa Bunde Kab.Mamuju, Selasa (10/07/2018). Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan inovasi pertanian rekomendasi Balitbangtan; Meningkatkan kapasitas penyuluh pertanian di daerah dalam memahami inovasi pertanian; serta Meningkatkan keterampilan penyuluh pertanian di daerah dalam pelaksanaan penyuluhan pertanian hasil litkaji komoditas strategis Kementerian Pertanian (KEMENTAN) dan komoditas unggulan Daerah dengan berbagai metode dan media.


Kegiatan ini dihadiri oleh Ka.Balai BPTP Balitbangtan Sulbar yang diwakili oleh Kasubbag TU Bapak R.D.Teguh Wijanarko, SP, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Hortikultura dan Peternakan Kab.Mamuju yang diwakili oleh Kepala Seksi Penyuluhan Kab.Mamuju Bapak Hasriadi, SH, serta peneliti penyuluh BPTP Balitbangtan.


Peserta pada BIMTEK Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian Daerah dan Diseminasi Inovasi Pertanian berjumlah 50 orang yang terdiri dari 32 Penyuluh ASN, 6 Penyuluh Kontrak/Honor Daerah, serta 6 Penyuluh Swadaya yang berwilayah kerja di 3 kecamatan di Kabupaten Mamuju, yakni dari Kec. Papalang, Kec. Sampaga,dan Kec. Tommo. Selain penyuluh, kegiatan ini juga dihadiri oleh 6 orang Petani maju dari Kab. Mamuju.


Kepala Seksi Penyuluhan Kab. Mamuju, Bapak Hasriadi,SH dalam sambutannya menyampaiakan apresiasi dan dukungannya terhadap kegiatan BIMTEK ini serta berharap PPL daerah dapat memanfaatkan moment terbaik ini, sebagai sarana Peningkatan pengetahuan, sehingga penyuluh sebagai garda terdepan pembangunan pertanian mampu menyampaikan Inovasi Teknologi Pertanian kepengguna secara maksimal sehingga keberhasilan dan kesejahteraan Petani semakin meningkat. Karena keberhasilan Petani adalah keberhasilan kita semua,tuturnya.


Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah Ir. Marthen P Sirappa, M.Si (Peneliti Alih Utama) dengan materi Teknologi Pemupukan Berimbang Pada Tanaman Pangan Mendukung UPSUS pajale Di Sulbar, Ketut Indrayana, STP selaku peneliti pertama dengan materi Teknologi Budidaya kakao untuk peningkatan produksi, serta materi Strategi Pemasyarakatan Inovasi dan kiat-kiat menyusun Angka kredit bagi penyuluh Pertanian lapangan yang dibawakan oleh penyuluh muda Religius heryanto, SST. 

Diakhir acara BPTP Balitbangtan SulBar menyerahkan plakat Kepala Dinas Ketahanan Pangan Hortikultura dan Peternakan Kab.Mamuju dan Koordinator BP3K Kec. Sampaga atas dukungan dan kerjasamanya dalam mensukseskan kegiatan BIMTEK Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian Daerah dan Diseminasi Inovasi Pertanian BPTP Balitbangtan Sulawesi Barat.(wah,ni)