JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Topoyo, 12/07/2018- BPTP Balitbangtan SulBar melaksanakan BIMTEK Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian Daerah dan Diseminasi Inovasi Pertanian bertempat di Gedung Perpustakaan Ngapaboa Kec.Topoyo Kab. Mamuju. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan inovasi pertanian rekomendasi Balitbangtan, Meningkatkan Kapasitas Penyuluh Pertanian di Daerah dalam memahami inovasi pertanian, serta Meningkatkan keterampilan Penyuluh Pertanian di Daerah dalam pelaksanaan penyuluhan pertanian hasil penelitian dan pengkajian (litkaji ) komoditas strategis Kementerian Pertanian (KEMENTAN) dan komoditas unggulan Daerah dengan berbagai metode dan media.

Kegiatan dihadiri Kepala BPTP Balitbangtan SulBar yang diwakili Oleh Kepala Seksi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian Bapak Ahmad Riayadi, S.Pt,M.Sc, Kepala Dinas Pertanian Kab. Mamuju Tengah Bapak Ir.Ruslan Lazim, M.M, Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Kab. Mamuju Tengah Bapak. Ir.Tri Susanto,M.MA, Koordinator Penyuluh Pertanian Kab. Mamuju Tengah, Seluruh Koordinator BP3K wilayah kerja Kec. Budong-budong, Kec. Karossa, Kec. Pangale, Kec. Tobadak dan Kec. Topoyo. Jumlah peserta 70 orang terdiri dari Penyuluh Pertanian Lapangan Kab. Mamuju Tengah Baik ASN, Tenaga Kotrak/Honor, dan Penyuluh Swadaya.


Kegiatan BIMTEK dibuka langsung oleh Bapak Kepala Dinas Pertanian Kab. Mamuju Tengah, dalam sambutan beliau menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada BPTP Balitbangtan Sulbar karena memilih Kab Mamuju Tengah sebagai tempat pelaksanaan BIMTEK Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian Daerah dan Diseminasi Inovasi Pertanian Angkatan ke dua setelah pelaksanaan BIMTEK di Kab. Mamuju Kec. Sampaga . Beliau juga berpesan kepada peserta agar dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan baik, serius dan mengikuti BIMTEK sampai selesai, Kepala Dinas pun, berpesan pada Kepala Bidang Penyuluhan agar melaporakan Peserta BIMTEK yang pulang sebelum pelaksanaan berakhir.


Kepala Seksi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian BPTP Balitbangtan SulBar disela-sela sambutannya, beliau memberikan motivasi pada Penyuluh Pertanian Daerah yang merupakan ujung tombak pembangunan Pertanian di Rebuplik Indonesia, yang memiliki peranan penting dalam pengawasan dan Pengawalan kegiatan strategis Kementerian Pertanian seperti UPSUS PAJALE, Serapan Gabah (SERGAB) dan Pemanfaatan Alsintan untuk mendukung kegitan UPSUS PAJALE, tidak bisa dipungkiri bahwa tanggung jawab kita semakin besar tapi selama kita berjuang dan melaksanakan tugas dengan ikhlas dan niat yang tulus untuk membangun pertanian maka tugas itu akan terasa ringan, beliaupun berpesan kepada panitia pelaksana BIMTEK terkhusus TIM Penyuluh BPTP Balitbangtan SulBar agar acara BIMTEK ini tidak berakhir/terputus dihari ini saja, namun harus ada kontak komunikasi yang terbangun antara BPTP Balitbangtan SulBar dengan Penyuluh Pertanian Daerah Kab. Mamuju Tengah , mungkin dapat membuat Group WA Forum Komunikasi Penyuluh Kab. Mamuju Tengah ujar beliau, pada saat itu juga Panitia membuatnya. Group WA ini bertujuan sebagai salah satu sarana mendisiminasikan Inovasi Teknologi Pertanian dan sebagai sumber materi penyuluhan yang dibutuhkan oleh para Penyuluh Pertanian Daerah.


Materi yang disampaikan pada kegiatan ini, adalah:Inovasi Teknologi Pemupukan Berimbang dan Teknologi Peningkatan Produktivitas Tanaman Pangan Mendukung UPSUS Pajale di Sulawesi Barat yg dibawakan oleh Bapak Ir.Marthen P.Sirappa, M.Si(Peneliti Ahli Utama)dan Startegi Pemasyarakatan Inovasi dan Kiat-Kiat Menyusun Angka Kredit Bagi Penyuluh Pertanian Lapangan Oleh Bapak Religius ,SST(Penyuluh Muda), nampak peserta antusias dalam mengikuti kegiatan terbukti pada sesi diskusi berjalan dengan alot dan peserta setia mengikuti acara sampai selesai.


Adapun dalam kegiatan Bimtek ini dirangkaikan dengan Penyerahan Plakat kepada Kepala Dinas Pertanian Kab.Mamuju Tengah atas dukungan dan kerjasamanya, sehingga Pelaksanaan BIMTEK Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian Daerah dan Diseminasi Inovasi Pertanian dapat berjalan dengan baik dan lancar.(wah,yen)