JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Mamuju (17/07/2018)- Rapat Koordinasi Komisi Daerah Sumber Daya Genetik (Komda-SDG) SulBar berlangsung di ruang rapat Lantai III Kantor Gubernur SulBar, acara ini dihadiri oleh segenap unsur yang terlibat dalam kepengurusan Komda-SDG SulBar.

Kepala Badan Penelitian dan Pembangunan Daerah (BALITBANGDA) Sulbar, Dr. Muh. Jamil Barambangi, yang juga merupakan Ketua Komda-SDG SulBar, dalam arahannya menyampaikan bahwa dibutuhkan keseriusan dan senergitas segenap unsur dalam mengelola-SDG SulBar. Dalam kegiatan ini Ka. BPTP SulBar, Dr. Nurdiah Husnah, M.Si, yang juga bertindak sebagai sekretaris Komda-SDG SulBar memberikan materi terkait Peran SDG Lokal dalam Menunjang Pertumbuhan Ekonomi Prov. SulBar, Beliau menekankan perlunya sinergi antara pemerintah, akademisi, dan pelaku usaha untuk memaksimalkan potensi SDG dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu menurut beliau pengolahan pasca panen terhadap komoditi SDG juga menjadi hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan nilai ekonominya sehingga perlu membentuk komunitas agribisnis agar semua kegiatan dari hulu, on farm dan hilir dapat terlaksana dengan baik.

Wakil Ketua Komda-SDG SulBar, Prof. Mir Alam, M.Si yang juga merupakan Dekan Fak. Pertanian Universitas Sulawesi Barat (UNSULBAR), turut menyampaikan materinya tentang Pengelolaan Potensi Sumber Daya genetik “Lokal” untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi SulBar, beliau memitikberatkan pada pengelolaan SDG berbasis Agribisnis. Beliau juga menyampaikan bahwa pemanfaatan dan perbaikan varietas unggul lokal dapat dilakukan dimana saja termasuk dihutan lindung dengan tetap memperhatikan kondisi ekologi agar tidak menimbulkan pencemaran atau berpengaruh terhadap lingkungan. indikator keberhasilannya harus ekonomis dan higenis sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya terutama dalam peningkatan kesejahteraan. Dalam forum ini peneliti BPTP SulBar, Ir. Marten P. Sirappa, M.Si juga menyampaikan hasil kajian SDG yang telah dihasilkan oleh BPTP Sulbar.

Dalam forum Rakor, Komda merumuskan langkah-langkah strategis yang harus ditindaklanjuti yaitu ,(1) Perlu melakukan pemetaan sumber daya genetik baik dalam hal lokasi maupun jenisnya, (2) Perlu membentuk komunitas agribisnis, (3) Komda harus melakukan kajian secara intens dengan melibatkan pihak pemerintah, akademisi dan pelaku usaha, (4). Menyusun peraturan gubernur tentang Komda, serta (5). Melakukan pembangunan Kebun Koleksi.(ni,yen)