JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Mateng,25/07/2018- Penyuluh beserta teknisi BPTP Balitbangtan Sulbar melakukan Pendampingan penanaman dan monitoring pertanaman pada kegiatan kajian padi rawa bersama KT Karya Rejeki, Desa Kuo. Kec Pangale, Kab. Mamuju Tengah.

Hamparan sawah yang ada di KT tersebut merupakan lahan rawa lebak dangkal. Lahan selalu tergenang/ sering kebanjiran krn merupakan cekungan dan tidak memiliki pembuangan.

Sejak tanam dari tahun 2007 baru 2 kali panen yang kebetulan ditanam saat curah hujan rendah yaitu bulan agustus. Untuk mengurangi resiko kegagalan adalah melalui pendekatan dengan varietas yang toleran terhadap genangan, diantaranya yang diujicobakan adalah Inpara 1, inpara2, Inpara 3, Inpara 4, Inpara 8 dan Inpari 30.

Inovasi teknologi lainnya yang diintroduksikan adalah
Penanaman dengan sistim tanam jajar legowo 2:1 dan 4:1 baik tanam pindah maupun dengan menggunakan atabela dari paralon dan alat tanam multifungsi.

Kondisi lahan saat ini kering namun saat hujan akan banjir yang disebabkan oleh hujan berkepanjangan maupun air kiriman dari wilayah sekitarnya sehingga terkadang banjir sampai 2 bulan.(rel,yen)