JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Mamasa,  12/09/2018- Kentang merupakan sayuran yang memiliki tingkat permintaan yang tinggi. Sehingga memiliki prospek yang cukup bagus untuk diusahakan. Peluang ini juga dirasakan oleh masyarakat di Kab. Mamasa, dengan menyadari potensi ekonomi tanaman kentang, serta potensi wilayah yang dimiliki, masyarakat Kab. Mamasa sukses membudidayakan tanaman kentang pada lahan seluas 3 Ha dan ketinggian1900 mdpl. Terbukti panen perdana kentang siap digelar pada tanggal 12 September 2018.

Varietas yang dipanen adalah varietas Granola L, Varietas Atlantik dan kentang merah.  Pengembangan kentang yang dilaksanakan secara partisipatif oleh masyarakat dilaksanakan di 3 titik,  yakni di Desa Lekkong, Desa Batupapan di dusun Bottik dan Rangri, Kecamatan Nosu Kab.  Mamasa dengan luas lahan sekitar 20 Ha. 

Kegiatan panen yang dirangkaian dengan Temu lapang dihadiri langsung oleh Bupati Mamasa,  Camat Nosu,  Kadis Pertanian Mamasa,  Kadis Pertanian Provinsi Sulawesi Barat, Kepala BPTP. Sulawesi Barat,  Kepala Balitbangda Sulawesi Barat serta dihadiri oleh sekitar 90an peserta/undangan lainnya. Selain melaksanakan panen perdana secara bersama-sama,  juga dilaksanakan penyerahan buku teknologi inovasi pertanian oleh BPTP.  Sulbar ke Pemda setempat.

Harapannya kegiatan Budidaya kentang di Desa Batupapan Kec. Nosu yang di dukung oleh BANK BPD Sulselbar sebagai penyedia dana dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR).  Dan CV.  Karya Mutiara sebagai pembeli dapat terus berkembang dan membawa petani kita semakin sejahtera.(nini)