JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sinyonyoi, 07/08/2019. Sosialisasi Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan Mendukung Ketahanan Pangan Keluarga dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas III Mamuju. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Lapas Nurmia, petugas lapas dan para warga binaan lapas, serta wakil dari BPTP Sulawesi Barat Ir. Cicu, M.Si selaku narasumber.  Materi yang dipaparkan dalam kegiatan ini  tentang pengertian, manfaat dan tujuan KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari), dan beberapa teknologi yang mendukung pelaksanaan kegiatan KRPL tersebut. Teknologi tersebut diantaranya, teknologi inovasi hemat lahan dan ramah lingkungan, contoh model budidaya rumah pangan lestari, teknologi budidaya tanaman sayuran mulai dari persemaian, penanaman, pemupukan, pengendalian hama penyakit, panen.

Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) merupakan salah satu program pemerintah yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian melalui Badan Litbang Pertanian untuk mendukung peningkatan ketahanan pangan dan upaya diversifikasi pangan di Indonesia. Kegiatan KRPL dilakukan melalui upaya pemberdayaan wanita dan kelompok masyarakat lainnya untuk budidaya berbagai jenis tanaman, ternak dan ikan sebagai tambahan untuk memenuhi ketersediaan pangan sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral maupun pengolahan hasil. Kegiatan KRPL dapat dilakukan pada pekarangan serta lingkungan perumahan lainnya seperti: asrama, pondok pesantren, rusun dan sejenisnya agar terbentuk suatu kawasan yang kaya sumber pangan yang diproduksi sendiri.
Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan warga binaan Lapas (Lokasi Pemasyarakatan) dapat memanfaatkan lahan yang ada secara optimal sehingga kebutuhan akan pangan dapat terpenuhi bagi masyarakat khusunya penghuni lapas Perempuan Kelas III Mamuju. Penghuni lapas yang telah menjalani masa tahanan juga dapat memanfaatkan pekarangan rumah mereka dengan skill yang telah mereka dapatkan saat masa pembinaan di lapas. (Rahmi)