JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Mamuju, 3/09/2019- Berlangsung Bimbingan Teknis Bioindustri Kakao dengan tema "Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Petani dalam Penanganan Budidaya Kakao" di Desa Salubara'na Kecamatan Sampaga yang dihadiri oleh Sekertaris Camat Kecamatan Sampaga Bapak Hannang, S.Pdi, MA. Kepala BPP Kecamatan Sampaga Bapak Demma Limbo, SP. Sekertaris Desa Salubara'na Bapak Suwarno, Penyuluh Pertanian Bapak Yusuf dan Koordinator Penyuluh Perkebunan Kabupaten Mamuju Bapak Amiruddin. Serta anggota kelompok tani yang berjumlah sekitar 36 orang peserta.

Pelaksanaan Bimtek yang dilakukan merupakan salah satu upaya peningkatan kapasitas petani dalam hal budidaya kakao dan ini didasari oleh keterbatasan pengetahuan petani terkait hara dan pemupukan tanam kakao yang memiliki kaitan dengan hama dan penyakit tanaman.

Materi Bimtek yang diangkat adalah pengenalan hama dan penyakit utama dan Pemangkasan tanaman kakao, yang disampaikan oleh Bapak Muhtar SP (Peneliti Pertama Bidang Kepakaran Hama dan Penyakit), Materi hara tanaman dan pemupukan pada tanaman kakao disampaikan oleh Bapak Ir. Marthen P Sirappa, M.Si (Peneliti Utama Bidang Kepakaran Ilmu Tanah). Serta materi Prosedur  pengajuan sertifikasi tanamam kakao disampaikan oleh Bapak H. Abdul Majid SP. Kepala Seksi Pengawan Sertifikasi Benih Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Barat.(aca)