JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pasangkayu, 11/09/2019- Dalam rangka percepatan pendaftaran varietas lokal prov. Sulawesi Barat. BPTP Balitbangtan Sulawesi Barat yang bekerjasama dengan Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) Mengajukan Formulir Pendaftaran salah satu varietas lokal yang dimiliki Kab.Pasangkayu untuk ditandatangani oleh pemerintah kota atau Kabupaten. Sebelum penandatanganan oleh Bupati Pasangkayu terlebih dahulu dilakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Pertanian dalam upaya pelestarian SDG lokal Sulbar dan tahapan pendaftaran secara online yang salah satunya adalah penandatangan formulir pendaftaran.

Penandatanganan formulir pendaftaran dilakukan oleh Bupati Pasangkayu, Ir.H.Agus Ambo Djiwa, MP. yang disaksikan secara langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kab.Pasangkayu, Ir. Nazla, M.Sc yang didampingi oleh Peneliti BPTP Sulbar, Muhtar, SP., yang juga merupakan anggota Tim Percepatan Pendaftaran Varietas Tanaman.

Kepala Dinas Pertanian Pasangkayu dan Peneliti BPTP Sulbar menyampaikan bahwa Tanaman yang akan didaftar harus dilakukan secara langsung oleh Pemda atau Pemkab itu sendiri berdasarkan instansi yang ditunjuk oleh pemerintah daerah atau Bupati, dan Instansi yang direkomendasi oleh Bupati Pasangkayu adalah Dinas Pertanian.

Adapun varietas tanaman lokal Pasangkayu yang akan didaftar adalah Jeruk Nipis "Koopasa" yang ditemukan di Dusun Fuju, Desa Benggaulu, Kec. Dapurang, Kab. Pasangkayu. Keberadaan jeruk tersebut belum terlalu dikenal, namun karena keunggulan yang dimilikinya, maka beberapa bulan terakhir ini banyak yang mengincarnya. Beberapa keunggulanya antara lain; berbuah sepanjang masa, ukuran buah besar, memiliki kandungan air yang banyak serta tangkainya kurang duri (tidak berduri). Bupati Pasangkayu sangat memberi respon baik akan hal ini dan berharap varietas ini dapat segera didaftarkan agar terjaga kelestariannya dan menjadi salah satu varietas unggul Sulawesi Barat.

Selanjutnya Peneliti BPTP Sulbar melakukan Bimtek singkat tata cara pendaftaran online varietas lokal di Dinas Pertanian Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) serta  menyerahkan Form Pendaftaran yang telah ditandatangani oleh Bupati Pasangkayu kepada Kasi-TPH, Nurlaela, SP., MP., untuk selanjutnya dilakukan penginputan data varietas yang akan didaftar dengan menyertakan NPWP instansi yang telah ditunjuk oleh Bupati untuk melakukan pendaftaran secara online dalam hal ini Dinas Pertanian Kab. Pasangkayu.(utta)