Penguatan Manajemen Badan Litbang Pertanian dan Sosialisasi Program-program Strategis

Maros, 26/11/2019-Badan Litbang melakukan Rapat Kerja Tahun 2019 dengan Tema Penguatan Manajemen Badan Litbang Pertanian dan Sosialisasi Program-program  Strategis di Auditorium Prof. Dr. Ibrahim Manwan, Balai Penelitian Tanaman Serealia Maros, Sulawesi Selatan yang dihadiri oleh Menteri Pertanian RI, Kepala Badan Litbang, Kepala Puslitbang dan Balai Besar, Kepala PSEKP, Kepala Balai, Kepala Lolit, Kepala BPTP, Kepala BPTP PATP,serta Peneliti/Perekayasa/Penyuluh Senior.

Selanjutnya Menteri Pertanian RI Dr.Ir. Syahrul Yasin Limpo dalam arahannya mengatakan Pertanian menentukan hadirnya negara, ketahanan negara bergantung pada ketahanan dan kedaulatan pangan, maka pertanian harus maju, mandiri, dan modern, serta pertanian yang menjamin kehidupan bangsa. Kementerian Pertanian dan seluruh jajarannya harus menjadi support system yang kuat pada semua level pemerintahan dari pusat hingga tingkat desa. Balitbangtan harus menjadi yang terdepan dalam mengawal pembangunan pertanian yang lebih cepat, lebih fokus, lebih serius dan lebih bersinergi. Peneliti dan penyuluh Balitbangtan yang menjadi bagian perjalanan pembangunan pertanian, harus mampu menciptakan dan menerapkan berbagai teknologi untuk merealisasikan pertanian yang maju, mandiri, dan modern. Dan sebagai tantangan, tahun ini produktivitas pertanian harus naik 5%". 

Dilanjutkan pembukaan secara resmi oleh Kepala Badan Litbang Dr.Ir.Fadjry Djufry, M.Si yang sekaligus memberikan arahan terkait pentingnya validitas data pertanian. Hanya satu data yang digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan. Verifikasi data harus menggunakan metode yang sama dengan BPS. Dalam waktu satu bulan, sudah harus diselesaikan kesamaan data baku sebagai pijakan penentuan target. Target harus terukur dan mencerminkan peningkatan yang luar biasa. Bukan lagi output sebagai goal tapi outcome dan beneffit.

Menjawab tantangan strategi pembangunan pertanian serta peran strategis dan peningkatan kinerja Balitbangtan, dalam rangkaian Raker Balitbangtan disampaikan materi program-program strategis Kementan seperti Kostra Tani, War Room, serta Pertanian Maju Mandiri dan Modern. Di depan peserta Raker yang sebagian besar adalah fungsional peneliti, disampaikan juga materi penguatan manajemen peneliti terkait dengan data existing peneliti, regulasi peneliti, HKM dan formasi peneliti

Beliau juga mengatakan Badan Litbang telah menghasilkan varietas unggul baru yang dapat meningkatkan pendapatan petani dan dari pakta integritas tercatat bahwa 75% hasil Badan Litbang telah dimanfaatkan oleh petani, harapan kami kedepan agar BPTP untuk terus melakukan diseminasi ke masyarakat/petani serta segera mendaftarkan varietas lokal yang ada di daerah masing-masing.(yen)

 

Contact Info

  • E: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Map (Peta Lokasi)
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…