BIMTEK Sarana Pengolahan Hortikultura

Mamuju,4/12/2019- Pelaksanaan kegiatan BIMTEK Sarana Pengolahan Hortikultura yang dilaksanakan oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Sulawesi Barat di Desa Beru-Beru, Kec. Kalukku Kab. Mamuju pada kelompok pengolahan UP2K Agromelati. Pelatihan diikuti oleh anggota kelompok dengan jumlah peserta ± 18 orang dan dihadiri oleh Peneliti serta teknisi dari BPTP Balitnbangtan Sulawesi Barat.

BIMTEK merupakan salah satu upaya untuk mengoptimalkan penggunaan bantuan pengolahan yang diserahkan oleh Dinas ke UP2K. Bantuan berupa mesin perajang, oven pengering, mesin sealer dan timbangan digital. Pelaksanaan BIMTEK difokuskan pada pengolahan buah pisang, yakni pengolahan tepung pisang, kripik pisang dan pembuatan kue brownis dari tepung pisang. Hal ini diharapkan, agar pemanfaatan pisang tidak hanya sebatas dalam bentuk konsumsi segar melainkan dapat memberikan nilai tambah, mengingat produksi pisang di kabupaten Mamuju terbesar ke dua setelah produksi pepaya, yakni 38.105 Ton dan secara keseluruhan Provinsi Sulawesi Barat mencapai 791.985 (BPS, 2018).

UP2K Agromelati, telah menghasilkan produk berupa tepung pisang, krupuk dari tulang ikan dan tortilla jagung. BPTP Balitbangtan Sulawesi Barat selain mendemonstrasikan dan menjelaskan teknik pembuatan tepung pisang, dan kripik pisang, juga memperkenalkan berbagai jenis olahan pisang dan pemanfaatan pisang secara luas dalam industri pangan serta potensi pengembangannya.(aca)

Contact Info

  • E: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Map (Peta Lokasi)
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…