JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Propinsi Sulawesi Barat memiliki potensi dalam menghasilkan buah pisang hampir seluruh wilayah merupakan daerah penghasil buah pisang, yang ditanam di pekarangan maupun kebun.  Ketersediaan buah pisang dalam jumlah banyak dan beragam varietas sangat berpotensi sebagai bahan  diversifikasi pangan. Buah pisang adalah salah satu buah yang mengandung gizi cukup tinggi dengan nilai kalori 120 kalori dan dilengkapi dengan berbagai macam vitamin dan mineral, selain itu juga, serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak sehingga sangat berpotensi untuk dijadikan produk olahan pangan sehat.

Pengolahan buah pisang merupakan salah satu cara mengatasi melimpahnya buah saat panen raya disentra produksi. Dengan diolah, produk memiliki jangkauan pasar yang lebih luas dan nilai harga jual yang lebih tinggi.  Buah pisang off grade yang memiliki bentuk dan penampilan buahnya kurang menarik, ukuran buahnya kecil dan kulit buahnya kurang mulus dan masak dapat dimanfaatkan menjadi produk olahan.

Masyarakat pada umumnya pemanfaatan buah pisang yang telah matang/masak hanya sebagai buah, atau disajikan dalam olahan sederhana seperti pisang rebus, kolak, pisang goreng dan aneka kue tradisional.

Penanganan pascapanen salah satu tujuannya adalah untuk memperpanjang daya simpan, memberikan nilai tambah dan meningkatkan mutu sehingga dapat memenuhi spesifikasi permintaan konsumen dan pasar. Salah satunya dengan mengolah buah pisang menjadi es krim.

Es krim adalah sejenis makanan beku yang dibuat dari produk susu dan dikombinasikan dengan pemberi rasa (flavor) dan pemanis. Pada umumnya semua masyarakat menyukai es krim. Es krim bukan saja memiliki rasa yang enak, namun es krim juga memiliki beberapa manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya diantaranya yaitu merangsang sistem kekebalan tubuh, memiliki gizi yang tinggi, dan menjaga kesehatan jantung.

Cara pembuatan es krim pisang sebagai berikut :

  1. Pisang yang telah matang (500 gram) dihaluskan, disisihkan.
  2. Susu bubuk full cream, gula pasir, tepung maizena, garam, dan air di campur dan diaduk rata kemudian didihkan sambil terus diaduk, setelah mendidih matikan api serta biarkan uap panasnya hilang.
  3. Setelah dingin, mixer hingga encer sambil ditambahkan susu cair kurang lebih 10 menit.
  4. Berikutnya masukkan dalam freezer selama 2 jam.
  5. Selanjutnya dikeluarkan dari freezeer, mixer dengan kecepatan tinggi sambil dimasukkan buah pisang dan SP kurang lebih 20 menit (hingga halus dan mengembang).
  6. Tuang adonan es krim ke dalam wadah tertutup, selanjutnya bekukan di dalam freezer.
  7. Setelah beku, es krim buah pisang sudah siap disajikan. (pina)