JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Mamuju, 28/03/2019 – Salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteran petani Indonesia adalah dengan menyediakan teknologi pengolahan hasil pertanian. Teknologi pengolahan merupakan teknologi yang dikembangkan untuk meningkatkan nilai tambah dan daya simpan produk-produk hasil pertanian.

Produk pengolahan hasil pertanian ini dapat merupakan produk akhir yang siap dikonsumsi ataupun sebagai produk bahan baku industri lainnya. Produk-produk hasil pertanian memiliki sifat yang mudah rusak dan daya simpan yang relatif singkat sehingga perlu dilakukan penerapan teknologi pengolahan hasil pertanian.

Sulawesi Barat dengan berbagai keanekaragaman pangan memiliki potensi untuk dilakukan pengembangan berbagai jenis aneka produk olahan pangan, baik produk olahan setengah jadi maupun produk yang siap dikonsumsi.

Salah satu  diantaranya adalah buah pisang. Buah pisang selain dikonsumsi dalam bentuk  buah segar dan pisang goreng, buah pisang juga sering diolah menjadi keripik pisang maupun tepung pisang.  Selain buah pisang, tanaman jagung juga dapat diolah menjadi tepung jagung, keripik/kerupuk jagung, susu jagung dan dodol jagung.

Peneliti BPTP Balitbangtan bersama siswa magang SMKN 1 Papalang membuat beberapa produk olahan yang bahan bakunya dari kedelai, pisang meja dan jagung. Kedelai diolah menjadi susu kedelai, pisang meja diolah menjadi es krim dan jagung diolah menjadi es krim serta ampas jagung digunakan sebagai bahan penambah serat dalam pudding. Bahan baku pembuatan susu kedelai berasal dari kedelai murni yang dihasilkan oleh BPTP Sulawesi Barat sendiri.(rahmi)