JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Tobadak, 15/08/2019- Sosialisasi Fermentasi pelepah sawit sebagai pakan ternak ruminansia dilaksanakan di Taman Teknologi Pertanian (TTP) Tobadak. Kegiatan ini dirangkaikan dengan pelaksanaan kegiatan aktualisasi pelatihan dasar CPNS Fitriawaty, S.Pt.,M.Si didampingi peneliti BPTP Balitbangtan Sulawesi Barat Ketut Indrayana, S.TP, dihadiri oleh kepala Bidang penyuluh Dinas Pertanian Kabupaten Mamuju Tengah H. Tri Susanto, Inseminator Kec. Tobadak, beserta beberapa petani di sekitar TTP tobadak.

Berdasarkan data BPS 2018, Kabupaten Mamuju Tengah memiliki perkebunan sawit seluas 106.383 Ha. Sedangkan pelepah sawit merupakan limbah dari perkebunan sawit yang biasanya akan menjadi sampah ketika memanennya. Pohon sawit dapat menghasilkan 22 buah pelepah sawit/tahun dan jika tidak dilakukan pemangkasan dapat melebihi 60 pelepah/tahun. Tingginya produksi limbah sawit inilah dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak sebagai sumber serat. Untuk dapat dimanfaatkan secara optimal, pelepah sawit harus diolah terlebih dahulu salah satunya dengan fermentasi.

Praktek pembuatan fermentasi pelepah sawit sebagau pakan ternak menggunakan komposisi bahan sebagai berikut :
- Pelepah sawit sebanyak 70 kg (70% dalam bahan pakan)
- Limbah jagung 20 kg (20% dalam bahan pakan)
- Dedak jagung 10 kg (10 % dalam bahan pakan)
- gula merah cair ( 1 kg gula merah d encerkan dalam 1 liter air)
- Mineral ternak 1 kg (1% dari total bahan)
- garam 1 kg (1% dari total bahan)
- bakteri starter/ EM4
cara pembuatannya :

1.    Potong-potong pelepah sawit dan limbah jagung dengan Mesin Choper
2.    Buat larutan Probiotik atau Starter dengan mencampurkan Gula Merah Cair dengan bakteri starter (EM4) dan Air (1 liter Gula Merah Cair ditambahkan air sebanyak 10 liter) untuk starter sesuai kebutuhan dan diamkan selama 15 menit
3.    Campur Bahan-bahan pakan tersebut seperti Pelepah Sawit, limbah jagung dan Dedak (bagian yang paling banyak ada dipaling bawah)
4.    Siram campuran bahan-bahan tersebut dengan menggunakan larutan Probiotik tersebut sampai rata bisa menggunakan Gembor Air kemudian Aduk sampai rata.
5.    Jika Bahan-bahan tersebut dalam Jumlah besar, proses pencampurannya bisa menggunakan teknik lapisan-lapisan yaitu buat campuran Pelepah, Bungkil dan Dedak setinggi 10-15 cm dan siram dengan larutan Probiotik kemudian buat lapisan diatasnya dengan proses yang sama sampai bahan habis kemudian baru diaduk secara merata.
6.    Masukkan Campuran tersebut kedalam Drum Plastik/Silo dengan memadatkannya agar tidak ada udara kemudian tutup dengan Plastik.
7.    Fermentasi secara Anaerob selama kurang lebih 7-14 hari dan pakan siap diberikan kepada sapi.

Kandungan nutrisi dari pelepah sawit terdiri dari  berat kering 46,02, protein kasar 5,5%, serat kasar 50,00, lemak kasar 3,30%, abu 5,50%, bahan organik 94,50%, NDF 81,91%, ADF 70,00%, hemiselulosa 11,91, selulosa 39,63, lignin 30,18 ( hasil analisa laboratorium Ilmi nutrisi dan kimia fakultas pertanian dan peternakan universitas negeri sultan syarif kasim, Riau (2014))
Berdasarkan beberapa penelitian pemberian pakan fermentasi pelepah sawit yang dikombinasikan dengan limbah pertanian menunjukkan nilai positif yaitu dapat meningkatkan pertambahan bobot badan harian sapi antara 0,20 kg sampai 0,45 kg. Sedangkan pada ternak kambing yaitu 56 gram/ekor/hari. efisiensi penggunaan pakan adalah rasio antara pertambahan bobot hidup dengan jumlah pakan yang dikonsumsi. Khususnya pada ternak ruminansia, efisiensi penggunaan pakan dipengaruhi oleh kualitas dan nilai biologis pakan, besarnya pertambahan bobot hidup dan nilai kecernaan pakan tersebut. Efesiensi penggunaan pelepah sawit sebagai pakan basal pada ternak kambing yaitu 0,125.  Pada hasil penelitian Jefri (2013) juga menunjukkan bahwa nilai keuntungan yang diperoleh bila menggunakan pelepah sawit sebesar Rp 8.584.183 sedang nilai Income over feed cost nya Rp 9.397.183 dimana nilai IOFC adalah pendapatan yang diperoleh dari nilai jual ternak setelah dikurangi biaya pakan.

Harapan setelah sosialisasi ini, teknologi pengolahan limbah sawit sebagai pakan ternak ruminansia dapat d adopsi masyarakat dan mendukung integrasi sapi sawit di TTP Tobadak.(fitri)