STANDAR PELAYANAN

 

  1. LAYANAN INFORMASI, KONSULTASI DAN REKOMENDASI  INOVASI TEKNOLOGI PERTANIAN

 

No.

KOMPONEN

URAIAN

 

1.

Dasar Hukum

1)   Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

2)   Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Standar Pelayanan Publik

3)   Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan

4)   Peraturan Menteri Pertanian Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pengkajian Teknologi Pertanian

2.

Jam Pelayanan

-      Senin–Kamis : 08.00 – 12.00 WITA

                              13.00 – 15.30 WITA

-      Jumat             :  08.00 – 11.30 WITA

                                     13.30 – 16.00 WITA

 

3.

Persyaratan Pelayanan

a.   Menulis identitas sesuai kartu identitas yang dimiliki dan maksud kedatangan pada buku tamu.

b.   Mengisi Form Permintaan Layanan.

c.   Mengisi Form Evaluasi Layanan.

 

4.

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur Pelayanan

4.1.        Prosedur Pelayanan Informasi, Konsultasi dan Rekomendasi Inovasi Teknologi Pertanian

 

4.1.1.    Pemohon datang atau melalui surat/e-mail mengajukan permohonan tertulis dengan mengisi buku tamu untuk mendapatkan pelayanan informasi, konsultasi dan rekomendasi atau melalui website BPTP Sulbar (http://sulbar.  litbang.pertanian.go.id)

4.1.2.    Petugas layanan menerima, mencatat dan menyampaikan permohonan kepada Kepala BPTP atau yang mewakili.

4.1.3.    Kepala BPTP mendisposisi permohonan kepada pelaksana layanan (peneliti / penyuluh pertanian /teknisi litkayasa, dan lain-lain) dan Kepala Seksi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian (Kasie KSPP).

4.1.4.    Petugas layanan informasi menyampaikan surat permintaan data dan lembar disposisi  kepada bagian yang ditunjuk/pelaksana layanan

4.1.5.    Kasie KSPP memfasilitasi kegiatan pelayanan konsultasi inovasi teknologi pertanian sesuai permohonan berkoordinasi dengan pelaksana layanan.

 

4.1.6.    Pelaksana Layanan (peneliti/penyuluh pertanian/ teknisi litkayasa, dan lain-lain) melakukan pelayanan konsultasi inovasi teknologi pertanian sesuai permohonan.

4.1.7.    Apabila informasi/rekomendasi belum dimiliki, maka petugas layanan informasi memberi keterangan  tertulis yang ditandatangani oleh Kasie KSPP

4.1.8.    Untuk informasi/data yang dikecualikan, maka Kasie KSPP  menerbitkan surat keputusan tentang penolakan permohonan yang ditanda tangani oleh Kepala BPTP atau yang mewakili.

4.1.9.    Apabila informasi/rekomendasi ada, maka petugas layanan informasi memantau penyiapan data informasi/rekomendasi/ proses layanan sesuai dengan lembar disposisi yang telah diajukan.

4.1.10.  Petugas layanan menerima data/informasi/ rekomendasi yang telah dipersiapkan oleh bagian tertentu.

4.1.11.  Pemohon informasi/rekomendasi mengambil data/informasi/rekomendasi yang telah disiapkan oleh petugas layanan informasi/ rekomendasi

4.1.12.  Seluruh hasil Informasi dan konsultasi disusun sebagai laporan kepada Kasie KSPP.

Alur Pelayanan :

 

5.

Waktu Penyelesaian Pelayanan

a.    Pelayanan konsultasi teknologi diselesaikan maksimal selama 30 menit untuk penyampaian informasi terkait. Apabila dibutuhkan pembahasan lebih mendalam bisa dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan dengan pemohon informasi.

b.    Permintaan layanan melalui surat atau email akan direspon pada hari yang sama selama jam kerja, dan diselesaikan selama 2 hari kerja.

 

6.

Biaya/Tarif

Biaya pelayanan informasi/konsultasi/rekomendasi Inovasi Teknologi Pertanian tidak dipungut biaya/gratis (Rp. 0).

 

7.

Produk Pelayanan

Informasi dan rekomendasi inovasi teknologi, serta pelayanan konsultasi inovasi teknologi pertanian, media cetak tercetak (selama masih tersedia) dan elektronik.

 

8.

Sarana atau Fasilitas Pelayanan

a.  Sarana yang dibutuhkan petugas: Meja, kursi, komputer, pesawat telepon, internet dan alat tulis.

b.  Sarana/prasarana yang disediakan bagi pelanggan: ruang tunggu, ruang konsultasi, toilet, tempat parkir, dan musholla.

 

9.

Kompetensi dan Jumlah Pelaksana

Dua orang staf bidang pelayanan dan pelaksana layanan (narasumber informasi) dengan kompetensi sesuai dengan bidang kepakaran.

 

10.

Pengawasan Internal

Pengawasan internal dilaksanakan oleh Satuan Pelaksana Sistem Pengendalian Intern yang ditunjuk oleh Kepala BPTP Sulawesi Barat

 

   11.

Penanganan Pengaduan

Penanganan pengaduan diatur dalam SK Kepala Balai Nomor : B-3.10/Kpts/OT.160/H.12.33/01/2019 tentang Tim Pengelolaan Pengaduan Masyarakat pada Balai Pengkajian Teknologi Pertanian BPTP Sulawesi Barat

Prosedur :

1.    Pengguna Layanan/Masyarakat/Instansi terkait mengajukan pengaduan dan menyerahkan Materi Aduan kepada Petugas Penerima Pengaduan Masyarakat (Dumas)

2.    Pemeriksaan Materi Aduan atas Penyampaian Laporan Pengaduan, Petugas Penerima Pengaduan Masyarakat akan menindak lanjuti dengan upaya Verifikasi/Klarifikasi/Investigasi untuk mendapat kebenaran atas pengaduan tersebut dan laporan akan di lengkapi bukti-bukti yang di perlukan untuk proses lebih lanjut.

3.    Penyelenggara akan menanggapi pengaduan masyarakat paling lambat 14 (empat belas) hari kerja sejak pengaduan diterima yang sekurang-kurangnya berisi informasi lengkap atau tidak lengkapnya materi aduan. Dalam hal materi pengaduan tidak lengkap, maka Petugas Penerima Pengaduan Masyarakat akan memberitahukan kepada pelapor untuk melengkapi materi aduan.

4.    Pelapor melengkapi materi aduan paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja dihitung sejak materi aduan diterima oleh Petugas Penerima Pengaduan Masyarakat. Dalam hal berkas aduan tidak dapat dilengkapi dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kerja tersebut.

5.    Hasil tindaklanjut aduan penyelesaian pengaduan   
disampaikan selambat-lambatnya dalam waktu 14 (empat belas) hari kerja sejak diputuskan. Pelapor dianggap mencabut Laporan Pengaduannya.

6.    Penyampaian Hasil Keputusan Laporan Pengaduan.

 

SISTEM PENYAMPAIAN PENGADUAN

Untuk anda yang ingin menyampaikan Indikasi Pelayanan yang tidak sesuai standar yang ditetapkan, tapi merasa sungkan atau anda merasa takut identitasnya terungkap karena anda kenal dengan pelakunya, anda dapat menggunakan mekanisme ini:

 

MEKANISME PENYAMPAIAN PENGADUAN

Pelapor dapat menyampaikan laporan pengaduan yang diketahuinya ke alamat e-mail This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau kotak pengaduan pada counter pelayanan ke nomor telepon 0426 – 232 1830. Komunikasi lebih lanjut atas laporan pengaduan yang disampaikan akan dilakukan melalui email tersebut ke alamat e-mail pengirim laporan pengaduan.

 

12.

Jaminan Pelayanan

BPTP Sulawesi Barat menyediakan sarana prasarana yang memastikan pemberian jaminan keamanan dan keselamatan kepada pengguna layanan dengan suasana nyaman, rasa aman, bebas dari bahaya dan risiko gangguan serta kenyamanan dalam beraktifitas dari pelayanan yang diperoleh.

 

13.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

BPTP Sulawesi Barat menyediakan fasilitas untuk keamanan, kenyamanan dan keselamatan, antara lain:

a.    Petugas keamanan;   

b.    Petugas pelayanan informasi;

c.    Sarana dan prasarana yang digunakan dalam rangka pelayanan tidak membahayakan pengguna layanan;

d.    Kontrol akses masuk dan keluar setiap individu;

e.    Sarana peralatan dan obat P3K;     

f.     Ruang pelayanan yang bersih dan rapi;

g.    Ruang  informasi (resepsionis dan lobby);

h.    Sarana parkir

 

14.

Evaluasi Kinerja Pelaksana

Evaluasi dilaksanakan berdasarkan hasil Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) per semester dan audit internal serta eksternal ISO 9001:2015 yang dilaksanakan setahun sekali.

 

 

  1. LAYANAN PENYALURAN BENIH UPBS

No.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

1)      Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

2)     Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2012 tentang Pelayanan Publik.

3)     Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

4)     Peraturan Menteri Pertanian Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pengkajian Teknologi Pertanian.

5)     PP Tarif No. 35 tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Kementerian Pertanian.

2.

Jam Pelayanan

-     Senin - Kamis   :    08.00 - 12.00 WITA

                                      13.00 - 15.30 WITA

-     Jumat                 :    08.00 - 11.30 WITA

                                      13.30 - 16.00 WITA

3.

Persyaratan Pelayanan

a.    Menulis identitas dan maksud kedatangan pada buku tamu.

b.    Mengisi form permintaan layanan.

c.    Mengisi Form Evaluasi Layanan.

4.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur Pelayanan

4.1.   Prosedur Layanan Penyaluran Benih UPBS melalui Penjualan

 

4.1.1.   Pengguna/pelanggan dapat mengakses data stok benih melalui website BPTP Sulawesi Barat (http://sulbar.litbang.pertanian.go.id) dan melakukan pemesanan dengan cara datang langsung, mengirimkan surat atau melalui telepon ke BPTP Sulawesi Barat

4.1.2.  Surat/informasi tentang pemesanan benih disampaikan oleh petugas ke Kepala Balai (Manager Umum) dan didisposisikan ke penanggung jawab kegiatan (Wakil Manager);

4.1.3.  Dari penanggung jawab kegiatan dilanjutkan ke bagian distribusi dan pemasaran. Bagian distribusi dan pemasaran melakukan pengecekan, dan memberi informasi ke bagian  administrasi dan keuangan serta berkoordinasi dengan bagian  prosesing dan penyimpanan untuk melakukan penyiapan benih;

4.1.4.  Bagian Administrasi dan keuangan membuatkan faktur penjualan benih untuk pengguna/pelanggan. Faktur penjualan diberikan ke pengguna/pelanggan, selanjutnya Bagian Administrasi dan keuangan menerima uang penjualan dan selanjutnya dibantu petugas gudang menyerahkan benih ke pengguna/pelanggan;

4.1.5.  Faktur penjualan benih diarsipkan ke bagian administrasi dan keuangan dan bagian prosesing dan penyimpanan;

4.1.6.  Dana hasil penjualan benih dari pengguna/pelanggan diserahkan oleh bagian administrasi dan keuangan ke Bendahara PNBP sebagai setoran PNBP.

4.1.7.  Bagian administrasi dan keuangan memberikan laporan penjualan kepada penanggung jawab kegiatan (Wakil Manager) yang selanjutnya dilaporkan ke kepala BPTP Sulawesi Barat (Manager Umum).

Alur Pelayanan :

 

4.2.     Prosedur Layanan Penyaluran Benih UPBS untuk Diseminasi.

 

4.2.1.   Pengguna/pelanggan dapat mengakses data stok benih melalui website BPTP Sulawesi Barat (http://sulbar.litbang.pertanian.go.id) dan mengirim (Online atau offline) atau mengantar langsung proposal permohonan ke BPTP Sulawesi Barat.

4.2.2.  Proposal permohonan benih diseminasi disampaikan oleh petugas ke Kepala Balai (Manager Umum) dan didisposisikan ke penanggung jawab kegiatan (Wakil Manager);

4.2.3.  Dari penanggung jawab kegiatan dilanjutkan ke  bagian distribusi dan pemasaran. Bagian  distribusi dan pemasaran melakukan pengecekan, dan memberi informasi ke bagian  administrasi dan keuangan serta berkoordinasi dengan bagian prosesing dan penyimpanan untuk melakukan penyiapan benih;

4.2.4.  Bagian Administrasi dan keuangan membuatkan tanda terima benih untuk pengguna/pelanggan. Tanda terima diberikan ke pengguna/pelanggan. Bagian  Administrasi dan keuangan menerima tanda terima kembali dan selanjutnya dibantu petugas gudang menyerahkan benih ke pengguna/pelanggan;

4.2.5.  Tanda terima benih diarsipkan ke bagian administrasi dan keuangan dan bagian prosesing dan penyimpanan;

4.2.6.  Bagian Administrasi dan keuangan memberikan laporan distribusi benih diseminasi kepada penanggung jawab kegiatan (Wakil Manager) yang selanjutnya dilaporkan ke kepala BPTP Sulawesi Barat (Manager Umum).

Alur Pelayanan:

5.

Jangka Waktu Penyelesaian Pelayanan

a.    Layanan permohonan administrasi benih = 30 menit.

b.    Penyaluran benih = 1 hari setelah pelunasan biaya.

 

6.

Biaya/Tarif

a.     Biaya pembelian benih sesuai PP Tarif No. 35 tahun 2016 tentang PNBP (untuk benih padi: kelas benih FS/label putih Rp. 12.000,-/kg, Kelas Benih SS/label ungu Rp. 9.000,-/kg, Benih kelas ES/label biru Rp. 7.500,-/kg.  Untuk benih benih kedelai: kelas benih FS/label putih Rp. 15.000,-/kg, Kelas Benih SS/label ungu Rp. 7.000,-/kg).

b.     Biaya pengiriman ditanggung pelanggan.

 

7.

Produk Pelayanan

Benih sumber bersertifikat

 

8.

Sarana, Prasarana, dan/atau Fasilitas Pelayanan

a.    Sarana yang dibutuhkan petugas: timbangan, mesin jahit, karung, gerobak.

b.    Sarana / prasarana yang disediakan bagi pelanggan: Ruang tunggu, WC, parkir, foto copy.

9.

Kompetensi dan Jumlah Pelaksana

Jumlah petugas yang dibutuhkan yakni

a.    4 orang bagian produksi dengan kompetensi peneliti/penyuluh/teknisi

b.    4 orang bagian penyimpanan dan pengendalian mutu kompetensi peneliti/penyuluh/teknisi

c.    3 orang bagian promosi, distribusi dan pemasaran dengan kompetensi peneliti/penyuluh/teknisi

d.    3 orang bagian administrasi keuangan dengan

kompetensi administrasi keuangan

10.

Pengawasan Internal

Pengawasan internal dilaksanakan oleh Satuan Pelaksana Sistem Pengendalian Intern yang ditunjuk oleh Kepala Balai.

11.

Penanganan Pengaduan

Penanganan pengaduan diatur dalam SK Kepala Balai Nomor :B–3.10/Kpts/OT.160/H.12.33/01/2019 tentang Tim Pengelolaan Pengaduan Masyarakat pada Balai Pengkajian Teknologi Pertanian BPTP Sulawesi Barat

Prosedur :

1.  Pengguna Layanan/Masyarakat/Instansi terkait mengajukan pengaduan dan menyerahkan Materi Aduan kepada Petugas Penerima Pengaduan Masyarakat (Dumas)

2.  Pemeriksaan Materi Aduan atas Penyampaian Laporan Pengaduan, Petugas Penerima Pengaduan Masyarakat akan menindak lanjuti dengan upaya Verifikasi/Klarifikasi/Investigasi untuk mendapat kebenaran atas pengaduan tersebut dan laporan akan di lengkapi bukti-bukti yang di perlukan untuk proses lebih lanjut.

3.  Penyelenggara akan menanggapi pengaduan masyarakat paling lambat 14 (empat belas) hari kerja sejak pengaduan diterima yang sekurang-kurangnya berisi informasi lengkap atau tidak lengkapnya materi aduan. Dalam hal materi pengaduan tidak lengkap, maka Petugas Penerima Pengaduan Masyarakat akan memberitahukan kepada pelapor untuk melengkapi materi aduan.

4.  Pelapor melengkapi materi aduan paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja dihitung sejak materi aduan diterima oleh Petugas Penerima Pengaduan

    Masyarakat Dalam hal berkas aduan tidak dapat dilengkapi dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kerja tersebut.

5.  Hasil tindaklanjut aduan penyelesaian pengaduan   
disampaikan selambat-lambatnya dalam waktu 14 (empat belas) hari kerja sejak diputuskan. Pelapor dianggap mencabut Laporan Pengaduannya.

6.  Penyampaian Hasil Keputusan Laporan Pengaduan.

 

SISTEM PENYAMPAIAN PENGADUAN

Untuk anda yang ingin menyampaikan Indikasi Pelayanan yang tidak sesuai standar yang ditetapkan, tapi merasa sungkan atau anda merasa takut identitasnya terungkap karena anda kenal dengan pelakunya, anda dapat menggunakan mekanisme ini:

 

MEKANISME PENYAMPAIAN PENGADUAN

Pelapor dapat menyampaikan laporan pengaduan yang diketahuinya ke alamat e-mail This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau kotak pengaduan pada counter pelayanan ke nomor telepon 0426 – 232 1830. Komunikasi lebih lanjut atas laporan pengaduan yang disampaikan akan dilakukan melalui email tersebut ke alamat e-mail pengirim laporan pengaduan.

 

12.

Jaminan Pelayanan

BPTP Sulawesi Barat menyediakan sarana prasarana yang memastikan pemberian jaminan keamanan dan keselamatan kepada pengguna jasa dengan suasana nyaman, rasa aman, bebas dari bahaya dan risiko gangguan serta kenyamanan dalam beraktifitas dari pelayanan yang diperoleh.

13.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

BPTP Sulawesi Barat menyediakan fasilitas untuk keamanan, kenyamanan dan keselamatan, antara lain:

a.  Petugas keamanan;   

b.  Petugas pelayanan informasi;

c.   Sarana dan prasarana yang digunakan dalam rangka pelayanan tidak membahayakan Pengguna Jasa;

d.  Kontrol akses masuk dan keluar setiap individu;

e.  Sarana peralatan dan obat P3K;      

f.    Ruang pelayanan yang bersih dan rapi;

g.  Ruang  informasi (resepsionis dan lobby);

h.  Sarana parkir;

i.    Pengaturan parkir

14.

Evaluasi Kinerja Pelaksana

Evaluasi dilaksanakan berdasarkan hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) per semester dan audit internal dan eksternal ISO 9001:2015 yang dilaksanakan setahun sekali.

 

 

  1. LAYANAN PERPUSTAKAAN

 No.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

1)  Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

2)  Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Standar Pelayanan Publik.

3)  Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

4)  Peraturan Menteri Pertanian Nomor 19/OT.140/5/2017 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pengkajian Teknologi Pertanian.

 

2.

Jam Pelayanan

-     Senin–Kamis       :  08.00 – 12.00 WITA

                                   13.00 – 15.30 WITA

-     Jumat                   :  08.00 – 11.30 WITA

                                   13.30  – 16.00 WITA

3.

Persyaratan Pelayanan

a.    Menulis identitas dan maksud kedatangan pada buku tamu.

b.    Mengisi form permintaan layanan.

c.    Mengisi Form Evaluasi layanan.

 

4.

 

 

 

 

Sistem, Mekanisme dan Prosedur Pelayanan

 

4.1.        Prosedur Pelayanan Perpustakaan

4.1.1.   Pengguna  layanan  mengisi buku tamu dan maksud permintaan bahan pustaka untuk tujuan baca/pinjam/unduh;

4.1.2.   Petugas melakukan penelusuran informasi/literatur yang dibutuhkan yang dibutuhkan  secara off-line dan on-line atau Pemustaka melakukan penelusuran sendiri dengan cara membuka website BPTP Sulawesi Barat (http://sulbar.litbang.pertanian.go.id) dan selanjutnya mengikuti instruksi kerja yang disediakan;

4.1.3.   Petugas membantu melakukan temu kembali  bahan putaka tercetak dan memberikan bahan pustaka tercetak yang dibutuhkan oleh pemustaka atau pemustaka melakukan penelusuran sendiri ;

4.1.4.   Pemustaka mengembalikan bahan yang dipinjam maupun yang dibaca ditempat dengan menempatkan di meja baca;

4.1.5.   Petugas menyusun kembali bahan perpustakaan yang telah digunakan oleh pemustaka ke rak penyimpanan;

4.1.6.   Pemustaka yang akan meminjam bahan perpustakaan maka wajib mengikuti prosedur peminjaman yang berlaku.

 

 Alur Pelayanan

5.

Jangka Waktu Penyelesaian Pelayanan

Pelayanan perpustakaan diselesaikan saat itu juga dengan pemustaka/kesepakatan

6.

Biaya/Tarif

Pelayanan perpustakaan tidak dipungut biaya/gratis (Rp. 0) kecuali pemustaka menghilangkan bahan perpustakaan (sesuai nilai bahan yang dihilangkan).

7.

Produk Pelayanan

Jasa layanan perpustakaan.

 

8.

Sarana, Prasarana, dan/atau Fasilitas Pelayanan

a.    Sarana yang dibutuhkan petugas: ruang baca perpustakaan,  buku tamu, komputer, scanner, dan jaringan internet.

b.    Sarana/prasarana yang disediakan bagi pelanggan: tempat penitipan barang, toilet, tempat parkir.

c.     

9.

Kompetensi dan Jumlah Pelaksana

Jumlah petugas yang tersedia yaitu 3 orang staf :

a. 1 orang dengan kompetensi management perpustakaan

b. 2 orang dengan kompetensi pengelola layanan informasi dan sirkulasi.

c.     

10.

Pengawasan Internal

Pengawasan internal dilaksanakan oleh Satuan Pelaksana Sistem Pengendalian Intern yang ditunjuk oleh Kepala Balai.

11.

Penanganan Pengaduan

Penanganan pengaduan diatur dalam SK Kepala Balai Nomor :B–3.10/Kpts/OT.160/H.12.33/01/2019 tentang Tim Pengelolaan Pengaduan Masyarakat pada Balai Pengkajian Teknologi Pertanian BPTP Sulawesi Barat

Prosedur :

1.Pengguna Layanan/Masyarakat/Instansi terkait mengajukan pengaduan dan menyerahkan Materi Aduan kepada Petugas Penerima Pengaduan Masyarakat (Dumas).

2.Pemeriksaan Materi Aduan atas Penyampaian Laporan Pengaduan, Petugas Penerima Pengaduan Masyarakat akan menindak lanjuti dengan upaya Verifikasi/Klarifikasi/Investigasi untuk mendapat kebenaran atas pengaduan tersebut dan laporan akan di lengkapi bukti-bukti yang di perlukan untuk proses lebih lanjut.

3.Penyelenggara akan menanggapi pengaduan masyarakat paling lambat 14 (empat belas) hari kerja sejak pengaduan diterima yang sekurang-kurangnya berisi informasi lengkap atau tidak lengkapnya materi aduan. Dalam hal materi pengaduan tidak lengkap, maka Petugas Penerima Pengaduan Masyarakat akan memberitahukan kepada pelapor untuk melengkapi materi aduan.

4.  Pelapor melengkapi materi aduan paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja dihitung sejak materi aduan diterima oleh Petugas Penerima Pengaduan Masyarakat Dalam hal berkas aduan tidak dapat dilengkapi dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kerja tersebut.

5.  Hasil tindaklanjut aduan penyelesaian pengaduan   
disampaikan selambat-lambatnya dalam waktu 14 (empat belas) hari kerja sejak diputuskan. Pelapor dianggap mencabut Laporan Pengaduannya.

6.  Penyampaian Hasil Keputusan Laporan Pengaduan.

  SISTEM PENYAMPAIAN PENGADUAN

  Untuk anda yang ingin menyampaikan Indikasi Pelayanan yang tidak sesuai standar yang ditetapkan, tapi merasa sungkan atau anda merasa takut identitasnya terungkap karena anda kenal dengan pelakunya, anda dapat menggunakan mekanisme ini:

 

   MEKANISME PENYAMPAIAN PENGADUAN

   Pelapor dapat menyampaikan laporan pengaduan yang diketahuinya ke alamat e-mail This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau kotak pengaduan pada counter pelayanan ke nomor telepon 0426 – 232 1830. Komunikasi lebih lanjut atas laporan pengaduan yang disampaikan akan dilakukan melalui email tersebut ke alamat e-mail pengirim laporan pengaduan.

 

12.

Jaminan Pelayanan

BPTP Sulawesi Barat menyediakan sarana prasarana yang memastikan pemberian jaminan keamanan dan keselamatan kepada pengguna jasa dengan suasana nyaman, rasa aman, bebas dari bahaya dan risiko gangguan serta kenyamanan dalam beraktifitas dari pelayanan yang diperoleh.

 

13.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

BPTP Sulawesi Barat menyediakan fasilitas untuk keamanan, kenyamanan dan keselamatan, antara lain:

a.    Petugas keamanan;   

b.    Petugas pelayanan informasi;

c.    Sarana dan prasarana yang digunakan dalam rangka pelayanan tidak membahayakan Pengguna Jasa;

d.    Kontrol akses masuk dan keluar setiap individu;

e.    Sarana peralatan dan obat P3K;     

f.     Ruang pelayanan yang bersih dan rapi;

g.    Ruang  informasi (resepsionis dan lobby);

h.    Sarana parkir.

 

14.

Evaluasi Kinerja Pelaksana

Evaluasi dilaksanakan berdasarkan hasil Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) per semester dan audit internal dan eksternal ISO 9001:2015 yang dilaksanakan setahun sekali.

 

 

  1. LAYANAN MAGANG/PELATIHAN/PKL SISWA ATAU MAHASISWA

No

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

1)  Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

2)  Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Standar Pelayanan Publik

3)  Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 15 Ta

4)  hun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan

5)  Peraturan Menteri Pertanian Nomor 19/OT.140/5/2017 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pengkajian Teknologi Pertanian

2.

Jam Pelayanan

-     Senin–Kamis       : 08.00 – 12.00  WITA

                                  13.00 – 15.30 WITA

-     Jumat                   : 08.00 – 11.30 WITA

                                  13.30 – 16.00 WITA

3.

Persyaratan Pelayanan

a.    Menulis identitas dan maksud kedatangan pada buku tamu.

b.    Mengisi form permintaan layanan.

c.    Mengisi form evaluasi layanan.

4.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur Pelayanan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.1.        Prosedur Layanan Magang/Pelatihan/PKL Siswa atau Mahasiswa

4.1.1.   Pengguna layanan mengajukan permohonan tertulis berupa surat permohonan/proposal magang/ pelatihan/PKL siswa/mahasiswa ke kantor BPTP Sulawesi Barat yang dilengkapi dengan profil siswa/mahasiswa dengan melampirkan transkrip nilai/rapor.

4.1.2.   Petugas layanan menerima, mencatat dan menyampaikan surat permohonan/proposal magang/pelatihan/PKL siswa/mahasiswa kepada kepala BPTP Sulawesi Barat.

4.1.3.   Kepala BPTP Sulawesi Barat mendisposisikan surat permohonan/proposal magang /pelatihan /PKL siswa/mahasiswa kepada Kasie KSPP untuk dapat ditindaklanjuti.

4.1.4.   Kasie KSPP bersama tim Peningkatan dan Pengembangan Capacity Building menyeleksi kompetensi peserta magang/pelatihan/PKL siswa/mahasiswa berdasarkan profil yang diajukan, selanjutnya mempersiapkan surat balasan peserta magang/pelatihan/PKL siswa/mahasiswa yang diterima dan mengirimkannya.

4.1.5.   Peserta magang/pelatihan/PKL siswa/mahasiswa yang sudah dinyatakan diterima wajib mengikuti  pertemuan teknis (technical meeting) di BPTP Sulawesi Barat.

4.1.6.   Peserta magang/pelatihan/PKL siswa/mahasiswa melaksanakan kegiatan magang/pelatihan/PKL sesuai dengan surat permohonan/proposal yang diajukan.

4.1.7.   Peserta magang/pelatihan/PKL siswa/mahasiswa wajib mengisi jurnal harian, membuat laporan hasil pelaksanaan magang/pelatihan/PKL dan  melaksanakan seminar hasil magang/ pelatihan/ PKL siswa/mahasiswa di lingkup BPTP  Sulawesi Barat serta menerima sertifikat.

4.1.8.   BPTP Sulawesi Barat memberikan Kuisioner IKM untuk diisi oleh pengguna layanan dan hasilnya disampaikan kepada kepala BPTP melalui Kasie KSPP sebagai bahan evaluasi pelaksanaan kegiatan magang/pelatihan/PKL  siswa / mahasiswa angkatan berikutnya bersama tim Peningkatan dan Pengembangan Capacity Building

 

Alur Pelayanan :


5.

Jangka Waktu Penyelesaian Pelayanan

Pelayanan magang/pelatihan/PKL siswa/mahasiswa diselesaikan sesuai jadwal kegiatan dari pimpinan sekolah/perguruan tinggi

6.

Biaya/Tarif

6.1.    Pelayanan magang/pelatihan/PKL siswa dan mahasiswa tidak dipungut biaya/gratis (Rp. 0);

6.2.    Penggunaan fasilitas untuk kepentingan pribadi (makanan/minuman, listrik, PDAM, tempat tinggal) ditanggung sendiri oleh pengguna layanan.

7.

Produk Pelayanan

Pelayanan magang/pelatihan/PKL siswa dan mahasiswa

8.

Sarana, Prasarana, dan/atau Fasilitas Pelayanan

Sarana yang dibutuhkan petugas: ruang baca perpustakaan, alat tulis, komputer.

Sarana/prasarana yang disediakan bagi pelanggan: Ruang tunggu, toilet, tempat parkir.

 

9.

Kompetensi dan Jumlah Pelaksana

Jumlah pelaksana yang dibutuhkan yaitu :

a.    pembimbing dengan kompetensi peneliti/penyuluh sesuai dengan kebutuhan

b.    tenaga lapang dengan kompetensi peneliti/penyuluh/teknisi sesuai dengan kebutuhan.

10.

Pengawasan Internal

Pengawasan internal dilaksanakan oleh Satuan Kerja Sistem Pengendalian Internal yang ditunjuk oleh Kepala Balai.

11.

Penanganan Pengaduan

Penanganan pengaduan diatur dalam SK Kepala Balai Nomor : B–3.10/Kpts/OT.160/H.12.33/01/2019 tentang Tim Pengelolaan Pengaduan Masyarakat pada Balai Pengkajian Teknologi Pertanian BPTP Sulawesi Barat

Prosedur :

1.  Pengguna Layanan/Masyarakat/Instansi terkait mengajukan pengaduan dan menyerahkan Materi Aduan kepada Petugas Penerima Pengaduan Masyarakat (Dumas)

2.  Pemeriksaan Materi Aduan atas Penyampaian Laporan Pengaduan, Petugas Penerima Pengaduan Masyarakat akan menindak lanjuti dengan upaya Verifikasi/Klarifikasi/Investigasi untuk mendapat kebenaran atas pengaduan tersebut dan laporan akan di lengkapi bukti-bukti yang di perlukan untuk proses lebih lanjut.

3.  Penyelenggara akan menanggapi pengaduan masyarakat paling lambat 14 (empat belas) hari kerja sejak pengaduan diterima yang sekurang-kurangnya berisi informasi lengkap atau tidak lengkapnya materi aduan. Dalam hal materi pengaduan tidak lengkap, maka Petugas   Penerima Pengaduan Masyarakat akan memberitahukan kepada pelapor untuk melengkapi materi aduan.

4.  Pelapor melengkapi materi aduan paling lambat 30(tiga puluh) hari kerja dihitung sejak materi aduan diterima oleh Petugas Penerima Pengaduan Masyarakat. Dalam hal berkas aduan tidak dapat dilengkapi dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kerja tersebut.

5.  Hasil tindaklanjut aduan penyelesaian pengaduan   
disampaikan selambat-lambatnya dalam waktu 14 (empat
belas) hari kerja sejak diputuskan. Pelapor dianggap mencabut Laporan Pengaduannya.

6.  Penyampaian Hasil Keputusan Laporan Pengaduan.

SISTEM PENYAMPAIAN PENGADUAN

Untuk anda yang ingin menyampaikan Indikasi Pelayanan yang tidak sesuai standar yang ditetapkan, tapi merasa sungkan atau anda merasa takut identitasnya terungkap karena anda kenal dengan pelakunya, anda dapat menggunakan mekanisme ini:

 

MEKANISME PENYAMPAIAN PENGADUAN

Pelapor dapat menyampaikan laporan pengaduan yang diketahuinya ke alamat e-mail This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau kotak pengaduan pada counter pelayanan ke nomor telepon 0426 – 232 1830. Komunikasi lebih lanjut atas laporan pengaduan yang disampaikan akan dilakukan melalui email tersebut ke alamat e-mail pengirim laporan pengaduan.

 

12.

Jaminan Pelayanan

BPTP Sulawesi Barat menyediakan sarana prasarana yang memastikan pemberian jaminan keamanan dan keselamatan kepada pengguna jasa dengan suasana nyaman, rasa aman, bebas dari bahaya dan risiko gangguan serta kenyamanan dalam beraktifitas dari pelayanan yang diperoleh.

13.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

BPTP Sulawesi Barat menyediakan fasilitas untuk keamanan, kenyamanan dan keselamatan, antara lain:

a.    Petugas keamanan;   

b.    Petugas pelayanan informasi;

c.    Sarana dan prasarana yang digunakan dalam rangka pelayanan tidak membahayakan Pengguna Jasa;

d.    Kontrol akses masuk dan keluar setiap individu;

e.    Sarana peralatan dan obat P3K;      

f.     Ruang pelayanan yang bersih dan rapi;

g.    Ruang  informasi (resepsionis dan lobby);

h.    Sarana parkir.

14.

Evaluasi Kinerja Pelaksana

Evaluasi dilaksanakan berdasarkan hasil Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) per semester dan audit internal dan eksternal ISO 9001:2015 yang dilaksanakan setahun sekali.

                                    


 
   

 

 

Contact Info

  • E: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Map (Peta Lokasi)
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…