JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Penyuluh Pertanian Muda

 
   
Nama : Religius Heryanto, S.ST
Unit Kerja : Loka Pengkajian Teknologi Pertanian (LPTP) Sulawesi Barat
Pendidikan : S1
Jabatan : Penyuluh Pertanian Muda
Bidang Keahlian : Penyuluh Pertanian
Komoditas Utama Penelitian : -
Facebook   Religius Heryanto
e-mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Profil

RELIGIUS HERYANTO, merupakan anak sulung dari tiga bersaudara. Lahir   di sebuah Desa yang jauh dari keramaian namun dekat dari kedamaian tepatnya di Bera Kel. Sandabilik, Kec. Makale Selatan, Kab. Tana-Toraja pada hari kamis tanggal 24 oktober 1985. Dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang sangat sederhana  dari pasangan Ayahanda Marthen Baru dan Ibunda Marliana Duppa Palinggi, S.Ag.

Pendidikan formal yang telah diikuti dan diselesaikan adalah  tamat SD Negeri Inpres Bera No 244 tahun 1998, tamat SLTP Katolik Makale Tahun 2001 dan pada Tahun 2004 menyelesaikan pendidikan Sekolah Pertanian Pembangunan (SPP) St. Paulus Makale Tana-Toraja,  kemudian Program D IV/S1 pada Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Gowa Provinsi sulawesi-Selatan, Jurusan Penyuluhan Pertanian Tahun 2004 dan lulus Tahun 2008.

Menjadi Tenaga Harian Lepas – Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TB PP) Kementerian Pertanian  di Tana Toraja, Sulawesi Selatan Bulan Januari s/d Oktober Tahun 2009. Diangkat sebagai CPNS di Kementerian Pertanian, penempatan kerja Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Selatan pada tahun 2009. Tahun 2011 terangkat sebagai PNS di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Selatan sampai tahun 2011. Bulan Februari tahun 2011 mulai bertugas di Loka Pengkajian Teknologi Pertanian (LPTP) Sulawesi Barat sebagai Calon Penyuluh Pertanian, dan terlibat pada kegiatan Pengkajian dan Pendampingan.

Mulai meniti karier sebagai Penyuluh Pertanian pada Loka Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Barat, sejak Agustus 2014 – Sekarang, dengan terlibat dalam kegiatan Pengkajian dan Pendampingan, baik pada Program Strategis Kementerian Pertanian maupun, kegiatan In-House, maupun kegiatan Diseminasi, selain itu juga mengikuti pertemuan ilmiah dan seminar nasional.

Publikasi Nasional yang telah dihasilkan antara lain :

  1. Buku Petunjuk Teknis Produksi Benih Sumber. Loka Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Barat, Tahun 2012.
  2. Prosiding Konstribusi Usaha Tani Sayuran di Pekarangan Terhadap Pemenuhan Gizi dan Pendapatan Keluarga di Kabupaten Mamuju. Percepatan penciptaan dan Penyebarluasan Inovasi Pertanian Lahan Kering Beriklim Kering dalam Menghadapi Perubahan Iklim. Tahun 2013
  3. Jurnal Sistim Perbenihan Padi di Sulawesi Barat (Seedling System of paddy in West  Sulawesi)”. AGROS, Jurnal Ilmiah Ilmu Pertanian, Vol. 16 (1):41-52. Fakultas Pertanian Univ. Janabadra Yogyakarta. Tahun 2014.
  4. Prosiding Potensi dan Karakteristik Padi Ladang Lokal Desa Lombang, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Potensi Sumber Daya Genetik Spesifik Lokasi Mendukung  Ketahanan dan Swasembada Pangan Nasional, 27 Mei 2015, p. 259-266 Tahun 2015.
  5. Buku Sumber Daya Genetik Tanaman Spesifik Provinsi Sulawesi Barat. Loka Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Barat, Tahun 2015.
  6. Jurnal potensi dan strategi pengembangan kedelai mendukung swasembada berkelanjutan di sulawesi barat.  AGROS, Jurnal Ilmiah Ilmu Pertanian. Fakultas Pertanian Univ. Janabadra Yogyakarta. Tahun 2016.